Senin, 15 November 2010

Contoh Kecelakaan Kerja Dalam Industri

Kasus Kecelakaan Kerja di Tanjung Perak Tinggi 

 

 

 

 

 

 

SURABAYA - Kasus kecelakaan kerja yang menimpa Anak Buah Kapal (ABK) dan para pekerja di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, tergolong tinggi.

Rata-rata per hari, ABK maupun pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dan masuk ke Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit PHC Surabaya bisa mencapai 5-10 orang.

Para ABK dan pekerja di sekitar pelabuhan yang rawan mengalami kecelakaan kerja ini adalah pekerja kasar yang melakukan bongkar muat barang, peti kemas, mengangkut barang ke gudang, bekerja di terminal garasi truk, depo kontainer, dan pekerjaan berat lainnya.

"Setiap hari selalu ada saja ABK maupun para pekerja di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak yang mengalami kecelakaan kerja dan dibawa ke UGD Rumah Sakit PHC Surabaya," ujar dr Zaki Boyomial, dokter jaga di UGD Rumah Sakit PHC Surabaya, Senin (29/12/2008).

Dia menjelaskan kasus kecelakaan kerja misalnya tangan patah karena tertimpa barang berat, kaki terlindas barang berat, jari terjepit dan lainnya. "Rata-rata per hari bisa ada 5-10 orang yang mengalami kecelakaan seperti itu dan pada musim liburan panjang seperti ini kecenderungannya malah naik," ungkapnya.

Menurut Zaki, tingginya kasus kecelakaan kerja yang menimpa para ABK dan para pekerja di Pelabuhan Tanjung Perak ini menunjukkan kalau perlindungan kerja bagi para pekerja kasar ini terbilang rendah. Meski, sebagian perusahaan sudah menerapkan sistem keselamatan kerja bagi karyawannya, namun sebagian besar masih belum memenuhi standar keselamatan kerja. (Muhammad Roqib/Sindo/ram)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar